Bagaimana Menghilangkan Simbol Paragraf di Word

Microsoft Word, bisa dibilang pengolah kata terbaik di luar sana untuk Sistem Operasi Windows, sangat kaya fitur. Salah satu dari banyak fitur Word adalah kemampuan bagi pengguna untuk membuat Word menampilkan larik yang berbeda, biasanya tanda dan simbol yang tidak terlihat yang digunakan untuk memformat teks dalam dokumen. Salah satu simbol format yang digunakan kata-kata adalah simbol paragraf (yang pada dasarnya terlihat seperti semacam “P”). Setiap kali paragraf baru dibuat dalam dokumen Word, simbol paragraf ini ditambahkan ke tempat paragraf dimulai. Simbol ini disembunyikan secara default, tetapi pengguna dapat membuat Word menampilkan setiap contoh yang ada di dalam dokumen.

Fitur ini berguna saat Anda perlu melihat apakah ada paragraf di halaman kosong dalam dokumen atau saat Anda perlu membersihkan dokumen Anda hanya dengan memilih simbol P yang sesuai dengan paragraf dan menghapusnya akan menghapus seluruh paragraf, tetapi banyak pengguna akhirnya tidak dapat menyingkirkan simbol paragraf setelah Word menampilkannya. Meskipun simbol paragraf bisa sangat membantu dalam beberapa kasus, dalam keadaan normal simbol tersebut hanya membuat dokumen lebih sulit dibaca karena membuat teks tampak sibuk.

Namun, untungnya, menyingkirkan simbol paragraf setelah Word menampilkannya cukup mudah. Berikut ini adalah dua metode yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan simbol paragraf setelah Word menampilkannya:

Metode 1: Gunakan tombol Perlihatkan / Sembunyikan simbol paragraf di toolbar

Terletak di toolbar Microsoft Word adalah tombol Tampilkan / Sembunyikan simbol paragraf yang dapat digunakan untuk menampilkan Word atau menyembunyikan tidak hanya simbol paragraf tetapi juga sebagian besar simbol pemformatan lain yang digunakan oleh Word (dari simbol yang digunakan untuk spasi dan garis hingga yang digunakan untuk jeda halaman dan Tab istirahat). Metode ini adalah metode paling sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan simbol paragraf di Word:

  1. Arahkan ke tab Beranda di bilah alat Microsoft Word.
  2. Klik pada tombol Tampilkan / Sembunyikan simbol paragraf yang terletak di bagian Paragraf pada tab Beranda pada bilah alat Word.

Segera setelah Anda mengklik tombol, jika Word dikonfigurasi untuk menampilkan simbol paragraf, itu akan menyembunyikannya. Meskipun metode ini sangat sederhana dan mudah, terkadang metode ini tidak berfungsi untuk pengguna, terutama bagi mereka yang hanya memiliki simbol paragraf tampilan Word dan menyembunyikan semua simbol pemformatan lain yang digunakan oleh pengolah kata.

Metode 2: Singkirkan simbol paragraf dari Opsi Word

Jika Metode 1 tidak berhasil untuk Anda karena alasan apa pun, Anda cukup menyingkirkan simbol paragraf dari Opsi Word . Untuk melakukannya, Anda perlu:

  1. Klik logo Microsoft (jika Anda menggunakan Word 2007) atau File (jika Anda menggunakan versi Word yang lebih baru).
  2. Klik Opsi Word .
  3. Di panel kiri dialog Opsi Word , klik Tampilan .
  4. Temukan opsi tanda Paragraf di bawah bagian Selalu tampilkan tanda pemformatan ini pada layar dan hapus centang pada kotak di sampingnya agar Word menyembunyikan simbol.
  5. Klik OK dan perubahan yang telah Anda buat akan diterapkan.