Cara Setup dan Konfigurasi TFTP Server di Windows 10

Sebuah TFTP Server pada dasarnya digunakan untuk mentransfer file antara sistem yang terhubung melalui jaringan. TFTP, juga dikenal sebagai Trivial File Transfer Protocol, adalah utilitas perangkat lunak internet yang dapat Anda gunakan untuk mengirim atau menerima file dari sistem jarak jauh. Protokolnya sangat mendasar dan tidak memberikan banyak keamanan pada file yang sedang ditransfer.

Kita semua tahu Windows Homegroup yang memungkinkan Anda berbagi file melalui jaringan tanpa rintangan besar. Namun, itu telah dihapus dari Windows 10 di pembaruan v1803 karena diperlukan resolusi alternatif. Solusi cepat adalah dengan menggunakan TFTP Server, sederhana dan mudah diatur. Pada artikel ini, kami akan menggunakan SolarWinds TFTP Server ( unduh di sini ) yang cukup mudah digunakan dan memungkinkan Anda mentransfer file dengan keandalan dan dengan kecepatan tinggi melalui jaringan. Kami juga merekomendasikan penggunaan SolarWinds TFTP Server karena mereka adalah perusahaan spesialis, yang secara khusus mengembangkan perangkat lunak dan solusi untuk organisasi besar guna membantu mengelola jaringan, sistem, dan infrastruktur TI di sana.

Prasyarat:

Sebelum kita masuk ke inti dari artikel dan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengatur server TFTP Anda, ada beberapa hal yang Anda perlukan. Inilah yang Anda butuhkan -

  • Akun administrator: Jika Anda tidak menggunakan akun administrator, Anda tidak akan dapat menyiapkan Server TFTP di sistem Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda masuk sebagai administrator.
  • SolarWinds TFTP Server: Untuk menyiapkan server TFTP, Anda harus mengunduh utilitas TFTP Server dari SolarWinds. Anda dapat mendownloadnya dari sini . Setelah Anda mengunduh file .zip, ekstrak ke Desktop Anda dan kemudian lakukan instalasi langsung.
  • Port Forwarding: Untuk mengizinkan akses jarak jauh ke server TFTP Anda, Anda perlu meneruskan UDP Port 69 ke alamat IP di jaringan Anda dari router Anda untuk memungkinkan pengguna dari luar jaringan Anda mengakses server. Namun, jika koneksi jarak jauh tidak diperlukan, maka Anda tidak perlu meneruskan port.

Setelah Anda memenuhi semua persyaratan, Anda siap untuk mengatur server.

Akses Jarak Jauh atau Akses Lokal

Jika Anda telah memutuskan untuk mengizinkan akses ke server TFTP dari luar jaringan lokal Anda seperti Rumah atau Kantor Anda atau di mana pun, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan IP Statis atau IP Dinamis Anda ditambahkan ke daftar putih, secara default server TFTP memungkinkan Semua Alamat IP untuk mengirim dan menerima file bersama dengan Port Forwarded. Anda dapat menambahkan Rentang IP untuk mengizinkan banyak IP atau rentang yang dipersingkat untuk mengizinkan satu perangkat saja.

Konfigurasi IP untuk Solarwinds TFTP

Menyiapkan Server TFTP

Untuk mengatur server, ikuti instruksi yang diberikan:

  1. Pertama-tama, jalankan utilitas SolarWinds TFTP Server dengan masuk ke Start Menu dan cari TFTP Server .
  2. Setelah dimuat, klik File lalu pilih Configure .
  3. Sekarang, jika Anda ingin server muncul di Baki Sistem Windows, klik ' Tambahkan Server TFTP ke Baki Sistem Windows '.
  4. Setelah itu, Anda harus memilih Direktori Root Server . Di sinilah semua file yang diterima akan disimpan. Selain itu, jika Anda ingin mengirim beberapa file, Anda harus menyalin file ke direktori ini terlebih dahulu. Klik Browse dan pilih lokasi pilihan Anda.
  5. Selanjutnya, alihkan ke tab Keamanan untuk menerapkan beberapa batasan.
  6. Jika Anda hanya ingin mengirim file, klik Kirim file . Jika Anda hanya ingin menerima file, klik Terima file . Jika Anda ingin melakukan keduanya, pastikan kotak ' Kirim dan Terima file ' dicentang.
  7. Berkat utilitas SolarWinds TFTP Server, Anda dapat menambahkan beberapa keamanan ekstra dengan mengizinkan alamat IP tertentu untuk mengirim dan menerima file. Jika Anda ingin melakukan ini, centang ' Hanya izinkan alamat IP berikut untuk mengirim / menerima file ' dan kemudian klik Tambah .
  8. Masukkan kisaran alamat IP dan klik OK .
  9. Terakhir, klik OK untuk menutup jendela konfigurasi.

Itu saja, Anda telah berhasil mengkonfigurasi dan mengatur Server TFTP Anda.

Menggunakan TFTP Server

Sekarang Anda telah mengatur server TFTP, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengirim atau menerima file menggunakan server TFTP. Jangan khawatir, kami akan mengilustrasikan prosedurnya di sini.

Port Forward - Untuk memulainya, Anda harus terlebih dahulu memastikan untuk meneruskan nomor port 69 jika Anda ingin sistem di luar jaringan mengaksesnya. Penerusan port biasanya berbeda untuk firmware yang berbeda, oleh karena itu, kami tidak dapat mencakup semuanya. Namun, untuk memberi Anda wawasan dasar, Anda harus mengakses panel kontrol router Anda, pergi ke Advanced Setup dan cari NAT atau Port Forward. Di sana, buat saja entri baru dan teruskan port UDP 69 di alamat ipv4 Anda.

Harap dicatat bahwa jika Anda tidak bermaksud untuk mentransfer file dari jarak jauh, Anda tidak perlu meneruskan port apapun.

Menginstal Klien TFTP

Langkah selanjutnya adalah menginstal Klien TFTP di sistem jarak jauh atau lokal. Untuk menginstal klien TFTP, lakukan hal berikut:

  1. Pergi ke Start Menu dan buka Control Panel .
  2. Arahkan ke Program dan fitur dan kemudian di sisi kiri, klik ' Hidupkan atau matikan fitur Windows '.
  3. Gulir ke bawah dan cari Klien TFTP . Centang kotaknya.
  4. Klik Oke untuk menginstal klien.
  5. Tunggu sampai selesai.

Ingatlah bahwa ini harus ada di sistem yang tidak menjalankan server.

Mengkonfigurasi Firewall untuk Mengizinkan TFTP

Setelah Anda menginstal klien TFTP di sistem Anda, Anda harus mematikan Windows Firewall atau menambahkan pengecualian untuk koneksi TFTP. Berikut cara melakukannya:

  1. Pergi ke Start Menu dan buka Control Panel .
  2. Ubah View by menjadi Large Icons dan kemudian pilih Windows Defender Firewall .
  3. Untuk mematikan Windows Defender Firewall, klik ' Turn Windows Defender on atau off '.
  4. Periksa ' Matikan Windows Defender Firewall ' di bawah kedua pengaturan dan klik OK.
  5. Jika Anda tidak ingin mematikan Windows Firewall, Anda dapat menambahkan pengecualian untuk koneksi TFTP. Untuk melakukan ini, klik ' Izinkan aplikasi atau fitur melalui Windows Defender Firewall ' di jendela pengaturan Windows Firewall.
  6. Klik ' Ubah pengaturan ' untuk dapat menambahkan pengecualian.
  7. Sekarang, klik Izinkan aplikasi lain dan kemudian tekan Jelajahi .
  8. Cari TFTP.exe di direktori Windows system32. Pilih dan klik Buka.
  9. Centang kotak Pribadi dan Umum, lalu klik OK .

Mentransfer File menggunakan TFTP

Terakhir, setelah menginstal klien TFTP dan meneruskan port UDP 69 , Anda siap untuk mentransfer file dari jarak jauh atau secara lokal. Untuk melakukan ini, pastikan server berjalan dan kemudian ikuti instruksi yang diberikan:

  1. Tekan Tombol Windows + R untuk membuka Jalankan .
  2. Ketik ' cmd ' untuk membuka prompt perintah.
  3. Sebelum Anda mentransfer file, pastikan bahwa file yang ingin Anda kirim ada di Direktori Root Server .
  4. Sekarang, jika Anda ingin menerima file, Anda harus menggunakan parameter GET . Jika Anda ingin mengirim file, Anda hanya perlu menggunakan parameter PUT . Perintahnya sebagai berikut:
    Tftp -i [alamat IP server] [GET atau PUT] [jalur file]
  5. Contohnya adalah sebagai berikut:
    Tftp -i 192.168.10.8 menempatkan E: \ hello.txt
  6. Jika Anda ingin menerima file, maka perintahnya adalah sebagai berikut:
    Tftp -i 192.168.10.8 dapatkan hello.txt
catatan:

Jika Anda ingin mentransfer file dari jarak jauh, Anda harus menentukan alamat IP publik di command prompt diikuti dengan port. Contohnya adalah:

Tftp -i 39.43.126.2:69 meletakkan E: \ hello.txt