Fix: Broadcom 802.11n Network Adapter Tidak Berfungsi

Adaptor jaringan 'Broadcom 802.11n' diketahui menyebabkan beberapa masalah saat Anda mencoba menggunakannya untuk menyambung ke internet. Masalah-masalah ini biasanya muncul ketika perangkat lunak driver tidak diperbarui, driver rusak karena alasan apa pun atau ada masalah dengan registri, dll.

Kondisi di mana fenomena ini terjadi berbeda-beda karena setiap konfigurasi komputer berbeda dan tidak perlu bahwa masalah ini hanya terjadi pada beberapa kondisi yang telah ditentukan. Setelah meneliti dan bereksperimen secara menyeluruh, kami menemukan sejumlah solusi yang berbeda. Mulailah dengan solusi pertama dan lanjutkan ke bawah secara berurutan.

Solusi 1: Menjalankan Pemecah Masalah Adaptor Jaringan

Layak dicoba menjalankan Pemecah Masalah Adaptor Jaringan. Windows memiliki kumpulan pemecah masalah bawaan yang dimaksudkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai kategori. Kami dapat mencoba menjalankan pemecah masalah ini dan memeriksa apakah itu mendeteksi masalah dan memperbaikinya. Biasanya, ada masalah dalam konfigurasi adaptor yang berbeda. Sebagian besar waktu, adaptor diatur ulang dengan benar oleh Windows dan masalahnya teratasi.

  1. Tekan Windows + R , ketik " panel kontrol " di kotak dialog dan tekan Enter.
  2. Ketik " pemecahan masalah " di bilah pencarian panel kontrol di sisi kanan atas jendela.

  1. Pilih judul " Pemecahan Masalah " dari daftar hasil yang dikembalikan.

  1. Setelah berada di menu pemecahan masalah, klik " Lihat semua " yang ada di panel navigasi di sisi kiri jendela. Sekarang Windows akan mengisi semua pemecah masalah yang tersedia di komputer Anda.

  1. Arahkan melalui pilihan sampai Anda menemukan " Network Adapter ". Klik itu.

  1. Periksa kedua opsi " Jalankan sebagai administrator " dan " Terapkan perbaikan secara otomatis ". Opsi ini akan memastikan bahwa Anda menemukan masalah maksimum dan perbaikan juga diterapkan dengan cepat.

  1. Ikuti petunjuk di layar dan tunggu sampai pemecahan masalah selesai.

Solusi 2: Mengembalikan ke Driver Default atau Memperbarui mereka

Kemungkinan bahwa Anda memiliki driver yang salah diinstal hampir diabaikan ketika kesalahan ini terjadi. Windows secara otomatis memperbarui semua pembaruan driver menggunakan Pembaruan Windows. Mungkin saja driver yang saat ini diinstal pada komputer Anda tidak kompatibel atau tidak cocok untuk perangkat keras Broadcom Anda. Kami dapat mencoba mengembalikan driver dan memeriksa apakah ini menyelesaikan masalah.

  1. Tekan Windows + R, ketik “ devmgmt. msc ”dan tekan Enter.
  2. Setelah berada di pengelola perangkat, perluas adaptor jaringan dan temukan perangkat keras adaptor Anda . Klik kanan padanya dan pilih " Uninstall ".

  1. Windows mungkin memunculkan UAC yang mengonfirmasi tindakan Anda. Tekan Ya dan lanjutkan. Setelah menghapus penginstalan driver, klik kanan pada ruang kosong mana pun dan pilih " Pindai perubahan perangkat keras ". Windows sekarang akan secara otomatis mendeteksi perangkat keras Anda dan menginstal driver default. Nyalakan ulang komputer Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

Jika mengembalikan driver tidak berhasil, kami dapat mencoba menginstal driver terbaru. Anda harus menuju ke situs web pabrikan Anda dan mengunduh driver terbaru ke lokasi yang dapat diakses. Pastikan Anda mengunduh driver sesuai dengan spesifikasi sistem Anda.

  1. Buka manajer perangkat, klik kanan pada perangkat keras Ethernet Anda dan pilih " Perbarui perangkat lunak driver ".
  2. Pilih opsi kedua " Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver ". Jelajahi driver yang Anda unduh dan instal sesuai. Nyalakan ulang komputer Anda dan periksa apakah adaptor berfungsi seperti yang diharapkan.

Solusi 3: Memeriksa Pengaturan Registri

Alasan lain mengapa kesalahan ini mungkin terjadi adalah karena pengaturan registri Anda mungkin tidak disetel sesuai dengan konfigurasi yang diperlukan. Kami dapat mencoba mengubah pengaturan registri dengan menghapus satu entri dan memeriksa apakah ini menyelesaikan masalah yang dihadapi.

  1. Tekan Windows + R , ketik " regedit " di kotak dialog dan tekan Enter.
  2. Setelah berada di editor registri, navigasikan ke alamat berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Class \ 4D36E978-E325-11CE-BFC1-08002BE10318

  1. Periksa apakah folder itu berisi kunci " UpperFilters " dan " LowerFilters" . Jika Anda menemukannya, hapus kata kunci dan mulai ulang komputer Anda agar perubahan diterapkan.

  1. Setelah memulai ulang, periksa apakah masalah sudah diperbaiki.

Catatan: Peninjau Suntingan Registri adalah alat yang ampuh. Mengedit kunci yang tidak Anda ketahui dapat menghambat komputer Anda dan bahkan membuatnya tidak dapat digunakan. Direkomendasikan untuk membuat cadangan registri Anda sebelum menerapkan perubahan apa pun untuk memastikan bahwa Anda selalu dapat memulihkan jika terjadi kesalahan.

Solusi 4: Memulihkan dari Titik Pemulihan terakhir / Melakukan Penginstalan Bersih

Jika semua metode di atas tidak berfungsi, kita tidak punya pilihan selain mengembalikan Windows ke titik pemulihan terakhir. Jika Anda tidak memiliki titik pemulihan terakhir, Anda dapat menginstal versi bersih Windows. Anda dapat menggunakan utilitas "Belarc" untuk menyimpan semua lisensi Anda, membuat cadangan data Anda menggunakan penyimpanan eksternal dan kemudian melakukan instalasi bersih.

Berikut adalah metode tentang cara memulihkan Windows dari titik pemulihan terakhir.

  1. Tekan Windows + S untuk meluncurkan bilah pencarian menu mulai. Ketik " restore " di kotak dialog dan pilih program pertama yang muncul di hasil.

  1. Setelah di pengaturan pemulihan, tekan Pemulihan Sistem yang ada di awal jendela di bawah tab Perlindungan Sistem.

  1. Sekarang wizard akan terbuka menavigasi Anda melalui semua langkah untuk memulihkan sistem Anda. Tekan Berikutnya dan lanjutkan dengan semua instruksi lebih lanjut.

  1. Sekarang pilih titik pemulihan dari daftar opsi yang tersedia. Jika Anda memiliki lebih dari satu titik pemulihan sistem, titik tersebut akan dicantumkan di sini.

  1. Sekarang windows akan mengkonfirmasi tindakan Anda untuk terakhir kalinya sebelum memulai proses pemulihan sistem. Simpan semua pekerjaan Anda dan buat cadangan file penting untuk berjaga-jaga dan lanjutkan prosesnya.

  1. Setelah Anda berhasil memulihkan, masuk ke sistem dan periksa apakah kesalahan yang ada sudah diperbaiki.

Jika Anda tidak memiliki titik pemulihan, Anda dapat melakukan penginstalan bersih Windows menggunakan media yang dapat di-boot. Anda memeriksa artikel kami tentang cara membuat media yang dapat di - boot . Ada dua cara: dengan menggunakan alat pembuatan media oleh Microsoft atau dengan menggunakan Rufus.