Fix: Ada Sumber Daya Sistem yang Tidak Cukup untuk Menyelesaikan Api Xbox Controller

Beberapa pengguna telah menghubungi kami dengan pertanyaan setelah pengontrol Xbox mereka (Xbox 360 atau Xbox One) tiba-tiba berhenti bekerja di Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 7. Sebagian besar pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa perangkat tersebut ditandai dengan tanda seru kuning di dalam Device Manager .

Mengklik dua kali perangkat dan melihat status Perangkat (di tab Umum ) akan mengungkapkan pesan kesalahan berikut:

“Perangkat ini tidak dapat memulai (Kode 10). Sumber daya sistem tidak mencukupi untuk menyelesaikan API. "

Catatan: Ini biasanya dilaporkan pada pengguna yang menghubungkan pengontrol Xbox 360 nirkabel melalui dongle USB.

Alasan Mengapa Ada Sumber Daya Sistem Yang Tidak Cukup untuk Menyelesaikan Kesalahan Api

Setelah menyelidiki masalah dan melihat berbagai laporan pengguna, kami telah menyusun daftar situasi di mana kesalahan ini mungkin terjadi:

  • Driver perangkat bermasalah - Ini biasanya dilaporkan terjadi setelah Pembaruan Windows atau jika sistem baru-baru ini terbangun dari hibernasi.
  • UpperFilters dan LowerFilters rusak - Ini adalah dua nilai registri yang dapat rusak dan menyebabkan Kode 10. Lihat Metode 3 untuk langkah-langkah mengatasinya.
  • File dari driver pengontrol rusak - Pembaruan windows atau gangguan pihak ketiga dapat memicu kesalahan pengontrol Xbox.
  • USB depan tidak dapat mendukung permintaan - Ini biasanya terjadi dengan pengontrol yang dicolokkan ke USB depan (melalui dongle USB). Biasanya, port USB depan tidak memiliki jenis daya yang sama dan mungkin tidak berfungsi dengan baik pada beberapa perangkat.

Cara Memperbaiki; Ada Sumber Daya Sistem yang Tidak Memadai untuk Menyelesaikan Kesalahan Api

Jika Anda kesulitan menyelesaikan pesan kesalahan yang sama, artikel ini akan memberi Anda daftar langkah pemecahan masalah yang efektif. Di bawah ini Anda memiliki daftar metode yang digunakan pengguna lain dalam situasi serupa untuk memperbaiki masalah.

Untuk hasil terbaik, ikuti metode dalam urutan yang disajikan. Mulailah dengan perbaikan potensial pertama dan lanjutkan ke bawah sampai Anda menemukan perbaikan yang efektif dalam memaksa versi Windows Anda untuk mengenali pengontrol Xbox Anda. Mari kita mulai!

Metode 1: Cabut perangkat dan keluarkan dari melalui layar Perangkat

Beberapa pengguna yang berjuang dengan masalah yang sama telah berhasil memaksa Windows mengenali pengontrol lagi dengan memutuskan sambungan perangkat dan menggunakan layar Perangkat untuk memaksa Windows memulai ulang driver yang menimbulkan masalah.

Jika kesalahan hanya disebabkan oleh driver yang diinstal dengan buruk atau kesalahan sementara, memulai ulang koneksi perangkat akan menyelesaikan masalah. Inilah yang perlu Anda lakukan:

  1. Hal pertama yang pertama, lepaskan pengontrol Xbox Anda dengan mencabut kabel USB secara fisik. Jika Anda menggunakan dongle nirkabel, lepaskan stik USB.
  2. Dengan perangkat terputus, tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak Jalankan. Selanjutnya, ketik atau tempel " ms-settings: connecteddevices " dan tekan Enter untuk membuka tab Perangkat dari aplikasi Pengaturan .

  3. Di tab Perangkat , gulir ke bawah ke Perangkat lain , klik pengontrol Xbox Anda dan klik Hapus Perangkat .

  4. Setelah perangkat dihapus, tutup tab Perangkat dan mulai ulang komputer Anda. Setelah pengaktifan berikutnya selesai, sambungkan kembali pengontrol Xbox Anda dan tunggu dengan sabar hingga penyiapan selesai.
  5. Lihat apakah pengontrol berfungsi dengan baik sekarang.

Jika pengontrol Xbox Anda masih menunjukkan  sumber daya sistem tidak mencukupi untuk menyelesaikan kesalahan API  , lanjutkan ke metode selanjutnya di bawah ini.

Metode 2: Ganti pengandar pengontrol dengan versi cache lokal

Jika membuat ulang koneksi tidak berhasil, mari kita lihat apakah Anda akan lebih beruntung dengan mengganti driver Xbox Controller yang saat ini diinstal dengan salinan yang disimpan secara lokal.

Catatan: Perlu diingat bahwa metode ini hanya berlaku untuk Anda yang mengalami masalah dengan pengontrol Xbox 360.

Beberapa pengguna menemukan diri mereka dalam posisi yang sama telah berhasil mendapatkan kembali fungsi normal dari pengontrol Xbox 360 mereka dengan menggunakan Pengelola Perangkat untuk memperbarui perangkat tak dikenal dengan Xbox 360 Wireless Receiver untuk driver Versi Windows yang disimpan secara lokal. Berikut panduan singkat tentang cara melakukan ini:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak Jalankan . Selanjutnya, ketik " devmgmt.msc " dan tekan Enter untuk membuka Device Manager . Jika diminta oleh UAC (Kontrol Akun Pengguna) , terima dengan mengklik Ya .

  2. Di dalam Device Manager , klik kanan pada driver pengontrol Xbox Anda (itu harus terdaftar sebagai perangkat Unidentified ) dan pilih Properties .
  3. Di layar Properties perangkat, buka tab Driver dan klik tombol Update Driver .
  4. Di layar berikutnya, klik Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver  dan kemudian klik Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya .

  5. Selanjutnya, pilih Pengontrol Umum Windows untuk Kelas Windows lalu pilih Penerima Nirkabel Xbox 360 untuk Versi Windows: 2.1.0.1349
  6. Di Update Driver Warning , klik Yes untuk menginstal versi driver yang sudah ketinggalan zaman.
  7. Setelah versi driver yang lebih lama diinstal, reboot komputer Anda dan lihat apakah masalah telah diselesaikan pada startup berikutnya.

Jika masalah masih terjadi dan Anda tidak dapat menggunakan pengontrol Xbox 360 Anda, lanjutkan ke metode selanjutnya di bawah ini.

Metode 3: Gunakan port USB 2.0 utama

Jika Anda menyambungkan pengontrol Xbox melalui USB depan, coba sambungkan ke salah satu port USB yang ada di belakang. Port USB depan diperlakukan sebagai AUX dan jika sistem Anda kesulitan untuk memenuhi kebutuhan daya, port USB depan tidak akan mendapat prioritas. Ini dapat menyebabkan situasi di mana perangkat tertentu tidak akan berfungsi dengan baik karena port depan tidak dapat mendukung permintaan.

Skenario khusus ini sangat umum terjadi pada pengguna yang menghubungkan pengontrol Xbox mereka dengan dongle USB. Jika skenario ini berlaku untuk Anda, cukup pindahkan koneksi USB ke port USB belakang. Selain itu, jika Anda memiliki port USB 2.0 dan USB 3.0, pastikan Anda mengalihkan koneksi ke port USB 2.0. Terakhir, mulai ulang komputer Anda dan lihat apakah masalah telah teratasi.

Jika Anda masih mengalami masalah yang sama, lanjutkan dengan metode selanjutnya di bawah ini.

Metode 4: Menghapus nilai Registri UpperFilters dan LowerFilters

Sesuai berbagai laporan pengguna, UpperFilters dan LowerFilters adalah dua nilai registri dengan potensi untuk merusak beragam perangkat yang terhubung melalui port USB.

Beberapa pengguna dalam situasi serupa telah melaporkan bahwa masalah telah diperbaiki setelah mereka menggunakan Peninjau Suntingan Registri untuk menghapus dua nilai Registri ini, memaksa Windows untuk membuat yang baru.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghapus nilai registri UpperFilters dan LowerFilters melalui Editor Registri untuk menyelesaikan  sumber daya sistem yang tidak mencukupi untuk menyelesaikan kesalahan API  :

Catatan: Langkah-langkah ini harus dapat diterapkan terlepas dari versi Windows yang Anda gunakan.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak Run baru. Selanjutnya, ketik " regedit " dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor . Jika diminta oleh UAC (Kontrol Akun Pengguna),  pilih Ya .

  2. Di dalam Peninjau Suntingan Registri, gunakan panel kiri untuk menavigasi ke lokasi berikut:

    HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Class

  3. Dalam subkunci Kelas ini, setiap subkunci 32 digit sepenuhnya unik dan sesuai dengan perangkat keras tertentu di Pengelola Perangkat. Untuk menyelesaikan masalah terkait pengontrol Xbox, kami memerlukan GUID Kelas USB yaitu  36FC9E60-C465-11CF-8056-444553540000.
  4. Klik dua kali pada  36FC9E60-C465-11CF-8056-444553540000  (pengontrol dan hub host USB) di dalam subkunci Kelas .

  5. Dengan Kelas yang benar dipilih dari panel kiri, pindah ke panel kanan, klik kanan pada UpperFilters dan pilih Hapus . Kemudian, ulangi prosedur yang sama dengan tombol LowerFilters .

  6. Dengan kedua kunci dihapus, tutup Editor Registri dan Nyalakan ulang komputer Anda. Pada startup berikutnya, lihat apakah masalah telah terpecahkan dan Anda dapat menggunakan pengontrol Xbox Anda.