Cara Memperbaiki: Steam Mengalami Masalah Saat Menghubungkan ke Server Steam

Masalah terkait Steam ini muncul setelah mencoba masuk ke akun Steam Anda pada versi Desktop aplikasi, tepat setelah Anda memasukkan info masuk atau setelah proses masuk otomatis dimulai. Masalahnya adalah masalah yang sangat serius karena banyak pengguna belum dapat mengakses klien Steam sama sekali selama beberapa hari.

Banyak solusi berbeda untuk masalah yang muncul setelah beberapa saat dan kami telah memilih solusi yang telah membantu sebagian besar pengguna dan menyajikannya kepada Anda dalam artikel terperinci. Ikuti instruksinya dan mudah-mudahan, Anda akan menyelesaikan masalahnya!

Apa Penyebab Pesan Kesalahan "Steam mengalami masalah saat menyambung ke server Steam" di klien Steam?

  • Berbagai pengaturan koneksi Internet yang rusak atau salah konfigurasi yang dapat diselesaikan dengan perintah sederhana di CMD administratif
  • Izin administrator diperlukan oleh Steam yang dapat dieksekusi untuk menyelesaikan masalah izin / jaringan
  • Protokol UDP mungkin bukan hal yang baik untuk digunakan untuk mencoba memaksa protokol TCP

Solusi 1: Setel ulang WinSock

"Netsh winsock reset" adalah perintah bermanfaat yang dapat Anda gunakan di Command Prompt untuk mengatur ulang katalog winsock kembali ke pengaturan default atau status bersihnya. Anda dapat mencoba metode ini jika Anda mengalami "Steam mengalami masalah saat menyambung ke server Steam" saat mencoba meluncurkan dan masuk ke Steam.

  1. Cari " Command Prompt " dengan mengetiknya baik di menu Start atau dengan menekan tombol cari di sebelah kanan. Klik kanan entri pertama yang akan muncul sebagai hasil pencarian dan pilih entri menu konteks " Jalankan sebagai administrator ".
  2. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Windows Logo Key + R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik "cmd" di kotak dialog yang muncul dan gunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Enter untuk menjalankan Command Prompt menggunakan hak administrator.
  1. Ketik perintah berikut di jendela dan pastikan Anda menekan Enter setelah mengetiknya. Tunggu pesan " Reset Winsock selesai dengan sukses " atau sesuatu yang serupa untuk mengetahui bahwa metode tersebut telah bekerja dan Anda tidak membuat kesalahan saat mengikat.
netsh winsock reset netsh int ip reset reset.log hit
  1. Periksa untuk melihat apakah Anda masih berjuang dengan masalah terkait masalah Steam Anda.

Solusi 2: Jalankan Steam sebagai Administrator    

Menjalankan apa pun dengan izin administrator pasti akan memberikan bantuan untuk banyak kesalahan dan yang ini tidak berbeda. Cukup menjalankan klien Steam sebagai administrator mungkin cukup bagi Anda untuk berhenti melihat kesalahan yang mengganggu untuk selamanya.

  1. Temukan pintasan Steam atau yang dapat dieksekusi di komputer Anda dan buka propertinya dengan mengklik kanan entri di Desktop atau menu Start atau jendela hasil Pencarian dan pilih Properties dari menu konteks pop-up.
  2. Arahkan ke tab Kompatibilitas di jendela Properti dan centang kotak di sebelah opsi Jalankan program ini sebagai administrator sebelum menyimpan perubahan dengan mengklik OK atau Terapkan.
  1. Pastikan Anda mengonfirmasi dialog apa pun yang mungkin muncul yang akan meminta Anda untuk mengonfirmasi pilihan dengan hak istimewa admin dan Steam akan diluncurkan dengan hak admin dari startup berikutnya. Buka dengan mengklik dua kali ikonnya dan coba luncurkan kembali proses login untuk melihat apakah kesalahan masih muncul.

Solusi 3: Tambahkan Pengecualian untuk Steam Executable

Pembaruan Steam terbaru dilaporkan menyebabkan masalah dengan Windows Defender Firewall. Jika Anda menjalankan Windows Defender di komputer Anda, Anda mungkin ingin menambahkan pengecualian untuk Steam yang dapat dieksekusi untuk membuatnya berjalan dengan benar.

  1. Mulai Panel Kontrol dengan mencari utilitas di tombol Mulai atau dengan mengklik tombol Cari atau tombol Cortana di bagian kiri bilah tugas Anda (bagian kiri bawah layar).
  2. Setelah Control Panel terbuka, ubah tampilan ke Large or Small icons dan arahkan ke bawah untuk membuka Windows Defender Firewall.
  1. Klik pada Windows Defender Firewall dan klik pada opsi Izinkan aplikasi atau fitur melalui Windows Firewall dari daftar opsi sisi kiri. Daftar aplikasi yang diinstal akan terbuka. Arahkan ke tempat Anda menginstal Steam dan pilih executable utamanya bersama dengan executable lainnya di folder.
  2. Klik OK dan mulai ulang komputer Anda sebelum mencoba kembali proses masuk setelah meluncurkan Steam.

Solusi 4: Tambahkan Opsi Peluncuran ke Steam Executable

Opsi peluncuran khusus '-tcp' ini akan memaksa Steam untuk menggunakan protokol TCP melalui UDP. Ini bukan perubahan yang sangat signifikan dari sudut pandang pengguna tetapi ini jelas membantu pengguna menyelesaikan masalah "Steam mengalami masalah saat menyambung ke server Steam" karena masalahnya hilang setelah melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Arahkan ke folder instalasi Steam Anda . Jika Anda belum mengonfigurasi perubahan apa pun selama proses penginstalan terkait folder penginstalan yang diperlukan, itu harus Local Disk >> Program Files atau Program Files (x86).
  2. Namun, jika Anda memiliki pintasan program Steam di desktop, Anda dapat melewati pembuatan pintasan pada langkah di bawah ini.
  1. Temukan file exe di folder utama, klik kanan padanya, dan pilih untuk Membuat pintasan di Desktop . Arahkan ke pintasan itu, klik kanan padanya dan tetap di tab Pintasan .
  1. Di area Target , tambahkan spasi setelah tanda kutip terakhir dan tambahkan ' -tcp' sebelum mengklik OK. Periksa untuk melihat apakah masalahnya masih muncul.

Solusi 5: Instal ulang Steam

Menginstal ulang Steam adalah salah satu metode yang paling tidak populer dan ada alasan mengapa itu ditempatkan sangat rendah di daftar kami. Metode ini telah memecahkan masalah bagi banyak pengguna tetapi ini harus menjadi pilihan terakhir karena ada banyak metode sederhana yang harus Anda coba sebelum melakukan ini.

  1. Pastikan Anda mencadangkan setiap folder perpustakaan yang ingin Anda simpan di komputer Anda dan catat lokasi yang tepat sehingga Anda dapat menambahkannya kembali setelah Steam dipasang ulang.
  2. Klik pada menu Start dan buka Control Panel dengan mencarinya. Atau, Anda dapat mengklik ikon roda gigi untuk membuka pengaturan jika Anda menggunakan Windows 10.
  3. Di Control Panel, pilih View as: Category di sudut kanan atas dan klik Uninstall a Program di bawah bagian Programs.
  1. Jika Anda menggunakan aplikasi Pengaturan, mengklik Aplikasi akan segera membuka daftar semua program yang diinstal pada PC Anda.
  2. Temukan entri Steam pada daftar dan klik sekali. Klik pada tombol Uninstall di atas daftar dan konfirmasi setiap kotak dialog yang mungkin muncul. Ikuti instruksi di layar untuk menghapus instalan Steam dan mulai ulang komputer Anda sesudahnya.

Unduh ulang klien Steam dengan menavigasi ke tautan ini dan jalankan unduhan yang dapat dieksekusi di komputer Anda dengan menempatkannya di folder Unduhan dan klik dua kali di atasnya. Ikuti instruksi di layar untuk menginstal Steam lagi dan periksa untuk melihat apakah masalah yang sama muncul di komputer Anda lagi!